Wisataku Kegagalan adalah sebuah pengalaman yang berharga untuk menjadi lebih baik lagi.

Wisata Museum House of Sampoerna

1 min read

Wisata Museum House of Sampoerna 1

Museum House of Sampoerna – Tak jarang orang menyukai destinasi wisata yang berbau sejarah. Selain menambah ilmu pengetahuan, bagi mereka tempat wisata semacam ini dapat memberikan inspirasi dan kreasi untuk ke depannya. Sembari asyik bernostalgia, berkunjung ke tempat wisata sejarah juga akan meningkatkan rasa penasaran dan keingintahuan lebih mengenai keunikan tempat tersebut.

Museum House of Sampoerna merupakan sebuah museum tembakau dan markas besar Sampoerna yang terletak di Surabaya. Gaya arsitektur dari bangunan utamanya sangat dipengaruhi oleh gaya kolonial Belanda dibangun pada 1862.

Museum House of Sampoerna
Images by https://www.nativeindonesia.com/

Museum House of Sampoerna

Sampoerna merupakan salah satu perusahaan rokok berskala besar di Indonesia. Sayangnya saat ini sudah tidak sepenuhnya milik Indonesia lagi dikarenakan sekarang sahamnya dipegang oleh PT Philips Morris, Amerika. Rokok Sampoerna memiliki sejarah panjang dari tahun 1913 saat Liem Seeng Tee mengawali bisnisnya sebagai bisnis rumahan dan berjualan eceran rokok kretek.

Terletak di kawasan “Surabaya lama”, gedung megah bernama Museum House of Sampoerna (HOS) bergaya kolonial ini dibangun pada tahun 1862 dan sekarang menjadi situs bersejarah yang terus dilestarikan. Sebelum menjadi museum House of Sampoerna didirikan pada tahun 1862.

Mengenal Sejarah

Awalnya bangunan itu digunakan sebagai panti asuhan. Namun, pada tahun 1932, bangunan ini dibeli oleh pemilik perusahaan rokok Sampoerna, yaitu Lim Seeng Tee, untuk dijadikan lokasi pembuatan rokok Sampoerna pertama kalinya.

Pendiri Sampoerna, Liem Seeng Tee, mengawali bisnisnya pada tahun 1913 dengan memproduksi dan menjual rokok linting tangan di rumahnya. Bisnis kecil inilah yang menjadi langkah pertama Sampoerna dalam memproduksi dan memasarkan rokok kretek.

Baca Juga  Daya Tarik Monumen Kapal Selam Surabaya

Sampai akhirnya saat ini Sampoerna tumbuh menjadi perusahaan dengan asset berskala besar di Indonesia. Auditorium utama selesai renovasi dan resmi terbuka untuk umum difungsikan sebagai Museum dalam event peringatan ulang tahun ke-90 Sampoerna di tahun 2003.

Museum House of Sampoerna
images by koko nata

Auditorium utama dari bangunan ini yang telah difungsikan menjadi museum. Bagian timur gedung difungsikan sebagai ruangan untuk kios merchandise, kafe, dan galeri seni. Sedangkan, bangunan di sisi barat tetap menjadi rumah tempat tinggal keluarga pemilik.

Museum House of Sampoerna (HOS) menawarkan pengalaman yang benar-benar unik dan spesial bagi pengunjung. Mulai dari cerita tentang keluarga pendiri, sampai dengan melihat dari dekat proses pembuatan rokok linting yang masih dilakukan secara manual. Rokok yang di produksi di gedung ini adalah merek Dji Sam Soe.

Museum House of Sampoerna
Images by Travel Kompas

MHOS tidak mengenakan biaya tiket masuk bagi pengunjung alias gratis. Di sinilah salah satu keunggulan penting yang bisa jadi bahan pertimbangan saat Anda berkunjung ke Kota Surabaya. Tanpa biaya masuk, Anda sudah boleh menikmati keindahan di dalam museum seperti peralatan pembuatan rokok zaman dahulu, replika, dan gambaran pembuatan rokok.

Hanya satu yang perlu diperhatikan yakni aroma cengkih yang amat kuat saat memasuki museum ini. Jadi, Anda tidak perlu kaget dan khawatir karena memang hal tersebut ada di dalamnya. Begitulah Museum House of Sampoerna melengkapi kunjungan wisata Anda di Surabaya.

Harga Tiket Masuk Museum House of Sampoerna

Setiap hari : Gratis

Jam Operasional Museum

Senin – Minggu09.00 – 18.00
Proses Produksi Roko09.00 – 14.00

Sebagai catatan : Museum ini buka setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan dari pagi hingga malam hari. Pengunjung yang datang ke sini harap membawa KTP sebagai syarat masuk ke dalam museum ini.

Wisataku Kegagalan adalah sebuah pengalaman yang berharga untuk menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *