Wisataku Kegagalan adalah sebuah pengalaman yang berharga untuk menjadi lebih baik lagi.

Daya Tarik Monumen Kapal Selam Surabaya

1 min read

Wisata Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya – Memilih tempat wisata bernilai sejarah bukanlah suatu hal yang lumrah saat ini. Bahkan. Akhir-akhir ini marak beredar peminat destinasi wisata yang mengandung nilai-nilai sejarah. Bau sejarah dari suatu objek wisata memberi kesan khas tersendiri. Dan saat ini, salah satu tempat wisata bersejarah di Kota Surabaya yang terkenal ialah Monumen Kapal Selam (monkasel).

Wisata Kapal Selam Surabaya

Dapatkan juga informasi untuk harga tiket masuk monumen kapal selam selam surabaya.

Monumen Kapal Selam KRI Pasopati 410 merupakan monumen pada skala penuh (bukan replika atau tiruan). Kapal selam ini adalah salah satu bagian dari Armada Divisi Timur. Kapal selam dengan nama KRI Pasopati bernomor lambung 410 ini merupakan kapal selam asli milik TNI Angkatan Laut (AL). Tipe Whiskey Class yang dimiliki kapal ini sengaja dirancang untuk menyelam di laut yang dingin.

Wisata Kapal Selam Surabaya
images by @erickkuncara

Kapal selam ini merupakan buatan Uni Soviet tahun 1952. Sementara itu, konstruksi dan pembangunan monumennya dimulai pada bulan Juli 1995 yang pertama kali dirintis oleh Gubernur Jawa Timur, Bapak Basofi Soedirman yang melakukan peletakan batu pertama untuk pondasi.

KRI Pasopati 410

Pada waktu yang bersamaan, KRI Pasopati 410 telah diiris menjadi 16 bagian oleh PT. PAL Indonesia. Kemudian tiap-tiap bagian diciptakan kembali dan diletakkan di atas pondasi monumen. Monumen Kapal Selam (monkasel) ini resmi dibuka pada 15 Juli 1998 dan telah beroperasi sebagai salah satu destinasi wisata di Surabaya.

Wisata Kapal Selam Surabaya
images by travellers.id

Monkasel di Surabaya sendiri resmi didirikan untuk memperingati kegigihan para pejuang bangsa Indonesia yang gagah nan berani dalam mengusir penjajah. Menurut sejarahnya, kapal selam ini merupakan salah satu dari 10 kapal selam dengan jenis yang sama dan masuk pertama kali di pangkalan TNI AL pada 29 Januari 1962. Kapal selam ini juga ikut andil dalam pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda saat itu.

Baca Juga  Pantai Kenjeran Surabaya

Monkasel

Pertama kali masuk monumen ini, pengunjung akan bingung mengenai bagian-bagian di dalamnya dan sebagainya. Bahkan ruangan di dalamnya terlalu sempit, mengingat ukuran lebarnya hanya 6,30 meter. Pintu penghubung ruang satu dengan lainnya pun hanya cukup dilalui 1 orang saja dan terkadang perlu membungkuk. Jadi pengunjung memang tidak bisa bergerak dengan leluasa karena banyak sekali peralatan yang dipasang di dinding kapal.

Wisata Kapal Selam Surabaya
images by tripadvisor.co.id

Monkasel yang berlokasi di samping Sungai Kalimas, Jalan Pemuda, Surabaya. Monumen ini disebut-sebut sebagai Monkasel terbesar di kawasan Asia. Bahkan, pengelola wisata dan pemandu dari Turis Information Centre (TIC) Surabaya mengunngkapakan bahwa ada kurang dari lima negara di dunia yang memiliki museum kapal selam.

Berwisata ke Monumen Kapal Selam Surabaya akan menambah wawasan kita juga dalam mempelajari atau ingin tau dari sejarah ini. jadi tunggu apa lagi, Yuk ajak keluarga berwisata ke Monumen Kapal Selam Surabaya. Selamat berlibur.

Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Surabaya

Untuk masuk ke lokasi objek wisata ini, pengunjung dikenakan tarif khusus dan sangat terjangkau harganya. Di area objek wisata juga terdapat kolam renang, yang memiliki tarif masuk tersendiri. Yang berbeda dengan tarif masuk Monkasel.

Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Surabaya
Tiket MasukRp15.000
Kolam renangRp8.000

Jam Buka Monumen Kapal Selam Surabaya

Jam buka wisata monumen kapal selam surabaya ini dari jam 08:00 sampai jam 21:00.

Objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari. Dan pengunjung juga dapat menikmati objek wisata ini dari pagi hingga malam. Karena jam operasionalnya yang lumayan cukup panjang.

Wisataku Kegagalan adalah sebuah pengalaman yang berharga untuk menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *